Pages

Selasa, 03 Mei 2016

Pengertian gerak dalam fisika

Gerak didefinisikan sebagai perubahan posisi. Bagaimana kita memandang gerakan tergantung pada kerangka acuan kita. Kerangka acuan mengacu pada sesuatu yang tidak bergerak terhadap pengamat yang dapat digunakan untuk mendeteksi gerakan.
Sayap burung kolibri ini bergerak begitu cepat sehingga mereka terlihat samar bergerak. Anda mungkin bisa memikirkan banyak contoh lain tentang macam-macam gerakan. Jika Anda tidak bisa, coba lihat di sekitar Anda. Kemungkinan Anda akan melihat sesuatu yang bergerak, dan jika tidak ada yang lain, mata Anda akan bergerak. Jadi, dari pengalaman Anda, apa itu gerak.
Tidak diragukan lagi tampaknya seperti sebuah konsep yang cukup sederhana. Namun, ketika Anda membaca artikel ini, Anda akan menemukan bahwa ini kelihatannya tidak sesederhana itu.

Definisi Gerak

Dalam ilmu fisika, gerak didefinisikan sebagai perubahan posisi. Posisi benda adalah lokasi. Selain sayap burung kolibri di gambar pembuka, Anda bisa melihat contoh-contoh lain dari gerak pada Gambar di bawah. Dalam setiap kasus, posisi terhadap sesuatu akan berubah.
contoh gerak
P: Dalam setiap gambar dalam Gambar di atas, apa yang bergerak dan bagaimana posisinya apakah berubah?
J: kereta api dan semua penumpangnya yang melaju lurus pada rel kereta ke stasiun berikutnya. Pria dan motornya berlomba sepanjang jalan raya yang melengkung. Angsa yang terbang di atas lingkungan lahan basah mereka. Meteor menghantam melalui atmosfer ke bumi, yang terbakar saat diperjalanan.

Kerangka acuan

Ada banyak contoh gerakan dari benda hanya dengan melihat perubahan posisi. Anda akan melihat mengapa hal ini dipandang bergerak ketika Anda memahami contoh berikut. Asumsikan bahwa bus sekolah digambarkan pada Gambar di bawah ini melewati Anda saat Anda berdiri di trotoar. Ini jelas bagi Anda bahwa bus bergerak, tapi bagaimana dengan anak-anak di dalam bus? Bus, relatif tidak bergerak terhadap mereka, dan jika mereka melihat anak-anak lain yang duduk di dalam bus, mereka tampak tidak akan bergerak. Jika perjalanan bus benar-benar mulus, anak-anak mungkin hanya bisa mengatakan bahwa bus itu bergerak saat melihat ke luar jendela dan melihat Anda dan pohon yang berlalu.
bus
Contoh ini menunjukkan bahwa bagaimana kita memandang gerakan tergantung pada kerangka acuan. Kerangka acuan mengacu pada sesuatu yang tidak bergerak terhadap pengamat yang dapat digunakan untuk mendeteksi gerakan. Untuk anak-anak di dalam bus, jika mereka menggunakan anak-anak lain yang naik bus sebagai kerangka acuan mereka, mereka tidak tampak bergerak. Tetapi jika mereka menggunakan benda-benda di luar bus sebagai kerangka acuan mereka, mereka dapat memberitahu bahwa mereka sedang bergerak.
Q: Apa kerangka acuan Anda jika Anda berdiri di trotoar dan melihat bus yang berlalu? Bagaimana Anda bisa tahu bahwa bus bergerak?
A: kerangka acuan Anda mungkin pohon dan benda-benda lainnya yang diam di seberang jalan. Saat bus berlalu, itu sesaat menghalangi pandangan Anda dari benda-benda, dan ini membantu Anda mendeteksi ‘gerak bus.
Ringkasan
Gerak didefinisikan sebagai perubahan posisi. Bagaimana kita memandang gerakan tergantung pada kerangka acuan kita. Kerangka acuan mengacu pada sesuatu yang tidak bergerak terhadap pengamat yang dapat digunakan untuk mendeteksi gerakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar