Pages

Kamis, 11 September 2014

Aplikasi kontribusi Robert Hooke dalam fisika


Robert Hooke memiliki perhatian yang sangat luas di bidang keilmuan, mulia dari astronomi sampai geologi, hukum kekekalan (elastisitas) masih memakai namanya. Ia memberikan sumbangan besar ke arah menerangkan gerakan planet dengan mengatakan bahwa orbit planet-planet itu akibat dari gabungan inersia menuruni garis lurus dan gaya tarik matahari.
Hukum Hooke yang ditemukan dengan rumus http://fisikamemangasyik.files.wordpress.com/2012/10/r1.jpg?w=604 dimana tanda (-) menyatakan bahwa arah F berlawanan denagn arah perubahan panjang x. Menurut Hooke http://fisikamemangasyik.files.wordpress.com/2012/10/r2.jpg?w=604, dengan x diukur dengan posisi keseimbangan pegas. Tanda (-) menunjukkan bahwapegas diregangkan (L > 0), gaya yang dikerjakan pegas mempunyai arah sehingga menyusutkan L. Sebaiknya, waktu mendesak pegas (L < 0), gaya pegas pada arah L yang positif sedangkan k disebut konstanta pegas, mempunyai dimensi gaya/panjang.

Hooke adalah seorang penemu yg brilian. dia menciptakan kopling, yang dipakai utk kendaraan bermotor saat ini; diafragma iris, yg mengatur bukaan lensa kamera; dan kendali pegas pada roda penyeimbang arloji; bahkan dia membuat pompa udara untuk Robert Boyle. Hukum Hooke adalah teori tentang elastisitas pegas yang sampai sekarang dipakai untuk patokan. Prestasi terbesar Hooke adalah dg menciptakan mikroskop majemuk (Hookscop).

Temuan-temuan dari Hooke tersebut diaplikasikandalam kehidupan seperti:

1.      Mikroskop digunakan untuk melihat benda-benda kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang.

2.      Teleskop untuk melihat benda-benda jauh.

3.      Alat pengukur gravitasi bumi.

4.      Jam yang menggunakan per dan bukan ayunan digunakan sebagai pengaturan waktu dan kronometer yaitu sebuah jam kasa tetapi selalu tepat dan berguna untuk menentukan kedudukan garis sebuah kapal di laut.

5.      Sambungan-sambungan universal pada tongkat persnilan mobil.

6.      Hukum Hooke dapat diaplikasikan dalam pembuatan ayunan pegas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar