Pages

Minggu, 01 Mei 2016

Bagaimana awan bisa terbentuk?



BAGAIMANA AWAN BISA TERBENTUK?
Oleh : Sakinatus Zahro/14030224036/Fisika D 2014

Untuk memahami bagaimana awan terbentuk, coba perhatikan apa yang terjadi ketika air dalam panci yang tertutup, dipanaskan di atas kompor. Betul sekali, air itu akan mendidih. Selanjutnya bukalah tutup panci, dan amati apa yang terjadi di sana. Yup, ada titik-titik air yang terbentuk di tutup panci. Ketika uap telah mencapai jenuh, ia pun berubah sebagai titik-titik air melalui proses yang kita kenal dengan pengembunan.
Nah, titik-titik air yang menempel pada tutup panci ketika air mendidih ini mirip dengan awan. Ya, awan adalah kumpulan titik-titik air yang melayang-layang di atmosfer dalam jumlah yang sangat banyak. Sama seperti api yang memanaskan air, matahari juga dapat memanaskan permukaan bumi kita yang sebagian besar terdiri atas lautan (air).
Bayangkan bahwa lautan adalah air dalam panci raksasa. Ketika panci raksasa ini dipanaskan, apa yang akan terjadi ? persis sekali seperti air dalam panci yang sudah dicontohkan sebelumnya. Pemanasan matahari pun akan menimbulkan penguapan yang dapat mengubah air menjadi gas. Kemudian, gas dari permukaan ini akan terdorong ke atas melalui udara (atmosfer) dengan proses perpindahan yang disebut dengan konveksi. Ya, partikel-partikel gas tersebut akan terus menuju ke atas dan pada akhirnya akan terkumpul dalam jumlah yang sangat banyak dalam kelompok-kelompok, mirip seperti gerombolan kapas-kapas raksasa.
Di dalam awan itu tidak hanya terdiri dari gas (uap), tapi bercampur-baur dengan cair (air), es (batu), dan kristal (salju). Antara partikel-partikel (uap,air,es) itu saling bertumbukan satu sama lain, ada kalanya saling memisahkan diri, atau pecah berkeping-keping. Karena begitu banyak proses yang terjadi di dalam awan, dan jika energi (panas) dari bawah masih terus-menerus ada, maka awan ini dapat terus tumbuh secara vertikal seperti tumbuhnya pohon yang menjulang tinggi ke atas.
Selain bisa tumbuh terus ke atas, awan juga bisa bergerak-gerak bebas ke sana ke mari oleh angin. Oh iya, jika di dalam awan itu sudah banyak partikel airnya, dan butirannya sudah besar-besar maka mereka akan jatuh ke bawah sebagai hujan.
Tahukah kalian, bahwa awan ibarat mesin hidrologi yang berguna menyebarkan energi panas di atmosfer secara merata. Melalui awan, wilayah-wilayah di bumi yang mengalami kelebihan energi panas disebarkan ke wilayah yang kekurangan energi panas. Nah, indonesia adalah salah satu wilayah yang memiliki kelebihan energi panas itu. Sehingga indonesia menjadi wilayah di Bumi yang paling aktif menyebarkan panas karena kita juga sangat aktif menghasilkan awan. Selain berguna menyebarkan energi panas, awan juga sangat berguna menjaga agar suhu di atmosfer tetap hangat dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar